Me

Kamis, 08 November 2012

Jasa Perbankan Syariah



  1. Qardh merupakan akad pinjaman dari bank (muqridh) kepada pihak tertentu (muqtaridh) untuk tujuan sosial yang wajib dikembalikan dengan yang sama sesuai pinjaman. Misal; Dana talangan.
  2. Hiwalah merupakan akad perpindahan piutang nasabah (muhil) kepada bank (muhal ‘alaih) dari nasabah lain (muhal). Muhil minta muhal ‘alaih untuk membayar terlebih dahulu piutang yang timbul dari jual beli. Pada saat pitang jatuh tempo muhal akan membayar ke muhal ‘laih. Muhal ‘alaih akan memperoleh imbalan sebagai jasa pemindahan. Misal; Anjak piutang.
  3. Rahn merupakan akad penyerahan barang  / harta (marhun) dari nasabah (rahin) kepada bank (murtahin) sebagai jaminana sebagian atau seluruh hutang. Misal; Gadai
  4. Wakalah merupakan akad pemberian kuasa dari pemberian kuasa (muwakil) kepada penerima kuasa (wakil) untuk melaksanakan suatu tugas (taukil) atas nama pemberi kuasa. Misal; Letter of Credit (L/C), transfer, kliring, dll.
  5. Kafalah merupakan akad pemberian jaminan (makful alaih) yang diberikan satu pihak kepada pihak lain dimana pemberi jaminan (kafiil) bertanggung jawab atas pembayaran kembali suatu hutang yang menjadi hak penerima jaminan (makful). Misal; Bank garansi.
  6. Sharf merupakan akad jual beli suatu valuta asing dengan valuta lain. Misal; Jual beli valas (bank Notes).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar